Sabtu, 23 Juli 2011

Pelayan Toko Dan Pengemis

Ibrani 13 : 1-2

  Seorang pengemis tua menenteng tas plastik kumalnya memasuki sebuah Department Store yang sangat elit di Amerika. Toko tersebut di penuhi dengan hiasan-hiasan indah dan lantainya dilapisi dengan karpet yang mewah. Meskipun pengemis ini berpakain kotor, compang-camping dan bau, tapi ia melangkah masuk ke dalam toko dengan berani.
 Seorang hamba Tuhan wanita sengaja mengikutinya dari belakang dengan bermaksud membela pengemis itu jika ada yang melarangnya masuk. Karena para pengunjung toko  rata-rata adalah  orang-orang kaya yang mengenakan jas dan gaun yang mahal, mugkin saja pemiliknya akan melarang seorang pengemis masuk ke situ. Ini akan mengganggu kenyamanan para pengunjung yang semuanya adalah kelas atas. Tapi anehnya, Tidak ada seorang pun yang melarang pengemis itu masuk. Ia bebas mendatangi setiap bagian di dalam toko  itu. Pengemis tersebut berjalan ke arah gaun-gaun wanita bermerk dengan harga di atas $2.500 per buah. Jika dikurskan dalam rupian, harga satu gaun berkisar Rp 25.000.000,-. Pelayan toko mendekati pengemis tersebut dan berkata, "Apa yang bisa saya bantu ?" "O, saya ingin mencoba gaun merah itu,"kata pengemis. Seandainya Anda yang menjadi pelayan itu, apa yang akan Anda lakukan? Kemungkinan besar Anda akan melarang bahkan menyuruh pengemis itu keluar? Tetapi apa yang dilakukan oleh pelayan itu sangat berbeda "Berapa ukuran ibu?" tanyanya dengan ramah. "Saya tidak tahu,"jawab pengemis."Baiklah,saya akan mengukur ibu dulu."Ia melayani pengemis itu sebagai tamu terhormat. "Cobalahgaun ini," kata pelayan. Hampir dua jam ia menghabiskan waktu untuk melayani pengemis tersebut, tetapi pengemis itu keluar toko tanpa membeli sehelai gaun pun karena ia tidak sanggup membeli. Tetapi hari itu ia keluar dengan sukacita karena ia telah di perlakukan dengan sangat manusiawi bahkan istimewa meskipun ia hanya seorang pengemis.
 Hamba Tuhan wanita yang merasa penasaran bertanya kepada pelayan toko, "Mengapa Anda membiarkan pengemis itu mecoba gaun mahal itu?" Memang sudah menjadi tugas saya melayani dan berbuah baik," jawabnya. " Tapi pengemis itu tidak mugkin sanggup membeli gaun-gaun mahal tersebut," kata hamba Tuhan itu lagi. " Maaf, saya tidak mau menilai dan menghakimi pelanggan, tugas saya adalah melayani dan berbuat baik,"jawab pelayan itu. Di hari Minggu hamba Tuhan tersebut berkhotbah dangen tema, "Injil Menurut Toko Serba ada". Khotbah yang menyentuh ini kemudian diberitakan di surat kabar dan mendorong banyak orang utnuk datang berbelanja di toko tersebut. Pengemis wanita itu memang tidak membeli apa-apa, tetapi akibat dari perlakuan istimewa terhadapnya, pada bulan itu hasil penjualan toko meningkat drastis dan keuntungan naik hingga 48%. Perlakukanlah setiap orang dengan baik, karna semua itu akan diperhitungkan oleh Tuhan.

DOA
Ampuni dan baharui hati saya Bapa karena saya seringkali menilai dan memperlakukan orang
berdasarkan penampilan luar mereka. Dalam nama Tuhan Yesus saya berdoa.Amiinnnn..

Kata-kata Bijaksana
Semua perbuatan baik akan kembali, Jadi jangan pernah menaha kebaikan

1 komentar:

  1. Mantapp... kita berdoa mudah2an semua manusia seperti itu..

    BalasHapus